Analisis Data Kualitas Jasa Concert Organizer Mecimapro Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Analisis Faktor

Authors

  • Yessica Amelia STIE Kasih Bangsa
  • Grace Yulianti STIE Kasih Bangsa
  • Benardi Benardi STIE Kasih Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v21i2.175

Keywords:

Analisis faktor, Principal Component Factoring, Principal Axis Factoring, Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Mecimapro merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, Mecimapro berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas jasanya. Salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan jasanya yaitu dengan menganalisis faktor kualitas jasa apa saja yang perlu lebih diperhatikan dan ditingkatkan agar dapat memberikan solusi yang tepat dan cepat sesuai kebutuhan atau keinginan pelanggan. 5 dimensi pokok SERVQUAL (Service Quality) digunakan sebagai acuan membuat variabel dalam menganalisis kualitas jasa. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis kualitas jasa adalah analisis faktor. Pada penelitian ini metode estimasi parameter yang digunakan pada analisis faktor adalah Principal Component Factoring (PCF) dan Principal Axis Factoring (PAF). Kedua metode ini dibandingkan untuk mengetahui metode yang lebih tepat dalam menganalisis kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan K-Pop Concert Organizer Mecimapro. Berdasarkan hasil program R penggunaan metode PCF lebih tepat digunakan karena memberikan proporsi variansi kumulatif yang lebih besar daripada metode PAF. Hasil yang diperoleh dari analisis faktor adalah faktor pelayanan, faktor fasilitas, faktor komunikasi dan faktor kesiapan. Keempat faktor ini yang perlu lebih diperhatikan dan ditingkatkan dalam meningkatkan kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan K-Pop Concert Organizer Mecimapro.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktek.

Jakarta: Rineka cipta

Azwar, Saifuddin. 2004. Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Hair, dkk. 2010. Multivariate Data Analysis. Edisi ke 6. Pearson Prentice Hall

Johnson, Richard A. dan Dean W. Wichern. 2008. Applied Multivariate Statistical Analysis. Edisi ke 6. Pearson

Mecimapro. 2012. About The Promoter : ”MCP”. [Online]. Diakses dari http://melaniacitraprima.com/bigbang/#about (22 Februari 2018)

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41-50.

Rencher, A.C., & Christensen, W.F. 2014. Method of Multivariate Analysis.

New Jersey : John Wiley & Sons Inc

Santoso, Singgih. 2010. Statistik Multivariat. Jakarta : Elex Media Komputindo

Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta :Andi Offset

Usman, Haridus dan Nurdin Sobari. 2013. Aplikasi Teknik Multivariatuntuk Riset Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Amelia, Y., Yulianti, G. ., & Benardi, B. (2023). Analisis Data Kualitas Jasa Concert Organizer Mecimapro Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Analisis Faktor. Studia Ekonomika, 21(2), 101–111. https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v21i2.175

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>