Analisis Data Kualitas Jasa Concert Organizer Mecimapro Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Analisis Faktor
DOI:
https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v21i2.175Keywords:
Analisis faktor, Principal Component Factoring, Principal Axis Factoring, Kualitas Jasa, Kepuasan PelangganAbstract
Mecimapro merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, Mecimapro berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas jasanya. Salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan jasanya yaitu dengan menganalisis faktor kualitas jasa apa saja yang perlu lebih diperhatikan dan ditingkatkan agar dapat memberikan solusi yang tepat dan cepat sesuai kebutuhan atau keinginan pelanggan. 5 dimensi pokok SERVQUAL (Service Quality) digunakan sebagai acuan membuat variabel dalam menganalisis kualitas jasa. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis kualitas jasa adalah analisis faktor. Pada penelitian ini metode estimasi parameter yang digunakan pada analisis faktor adalah Principal Component Factoring (PCF) dan Principal Axis Factoring (PAF). Kedua metode ini dibandingkan untuk mengetahui metode yang lebih tepat dalam menganalisis kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan K-Pop Concert Organizer Mecimapro. Berdasarkan hasil program R penggunaan metode PCF lebih tepat digunakan karena memberikan proporsi variansi kumulatif yang lebih besar daripada metode PAF. Hasil yang diperoleh dari analisis faktor adalah faktor pelayanan, faktor fasilitas, faktor komunikasi dan faktor kesiapan. Keempat faktor ini yang perlu lebih diperhatikan dan ditingkatkan dalam meningkatkan kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan K-Pop Concert Organizer Mecimapro.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktek.
Jakarta: Rineka cipta
Azwar, Saifuddin. 2004. Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Hair, dkk. 2010. Multivariate Data Analysis. Edisi ke 6. Pearson Prentice Hall
Johnson, Richard A. dan Dean W. Wichern. 2008. Applied Multivariate Statistical Analysis. Edisi ke 6. Pearson
Mecimapro. 2012. About The Promoter : ”MCP”. [Online]. Diakses dari http://melaniacitraprima.com/bigbang/#about (22 Februari 2018)
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41-50.
Rencher, A.C., & Christensen, W.F. 2014. Method of Multivariate Analysis.
New Jersey : John Wiley & Sons Inc
Santoso, Singgih. 2010. Statistik Multivariat. Jakarta : Elex Media Komputindo
Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta :Andi Offset
Usman, Haridus dan Nurdin Sobari. 2013. Aplikasi Teknik Multivariatuntuk Riset Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
KABA Journal of Management and Entrepreneurship (KBJME) is licensed under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Articles in KABA Journal of Management & Entrepreneurship (KBJME) are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This licence permits the use, distribution, and reproduction in any medium for non commercial purposes only, provided the work and orginal source are properly cited.
Any derivatives of the original must be distributed under the same license as the original.