Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v12i1.42Keywords:
Good Corporate Governance, Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Nilai PerusahaanAbstract
Penerapan Good Corporate Governance sebagai salah satu cara untuk mengurangi konflik agensi dalam perusahaan diharapkan dapat meningkatkan nilai perusahaan. Manfaat yang diharapkan dari nilai perusahaan yang tinggi adalah mendapatkan kepercayaan investor terhadap perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti mengenai pengaruh mekanisme Good Corporate Governance (ukuran dewan komisaris dan komisaris independen) dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2007 hingga 2011. Dengan menggunakan metode purposive sampling diperoleh 16 perusahaan sampel dalam penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dimana variabel dependen adalah nilai perusahaan (diukur dengan Rasio Price to Book Value (PBV)) dan variabel independen adalah ukuran dewan komisaris, komisaris independen dan ukuran perusahaan. Didapatkan rumus regresi linier berganda y=1.063+0.113X1-2.475X2+0.001X3+ε. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) ukuran dewan komisaris berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (thitung 2.799 > ttabel 1.992); (2) komisaris independen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (thitung 0.252 < ttabel 1.992); (3) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (thitung 5.041 > ttabel 1.992); (4) ukuran dewan komisaris, komisaris independen dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahan (Fhitung14.577 > Ftabel 2.72).
Downloads
References
Adrian Sutedi, 2011, Good Corporate Governance, Sinar Grafika, Jakarta.
Arifin, 2005, Peran Akuntan Dalam Menegakkan Prinsip Good Corporate Governance (Tinjauan
Perspektif Agency Theory), Pidato Pengukuhan Guru Besar, FE Univ. Diponegoro, Semarang.
Arikunto, Suharmi, 2002, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.
Bungin, Burhan, 2005, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kencana Prenada Media, Jakarta
Colid Narbuko, Abu Achmadi, 2004, Metode Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta.
Cristiawan dan Tarigan, 2007, Kepemilikan Manajerial: Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai
Perusahaan. Jurnal Ekonomi Akuntansi FE Univ. Kristen Petra, Surabaya.
Hendy M. Fakhruddin, 2008, Go Public: Strategi Pendanaan dan Peningkatan Nilai Perusahaan, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Imam Ghozali, 2002, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Universitas Diponegoro, Semarang.
Michell Suharli, 2006, Studi Empiris Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Go Publik di Indonesia, Jurnal Maksi Vol 6 No. 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2014 STIE Kasih Bangsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
KABA Journal of Management and Entrepreneurship (KBJME) is licensed under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Articles in KABA Journal of Management & Entrepreneurship (KBJME) are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This licence permits the use, distribution, and reproduction in any medium for non commercial purposes only, provided the work and orginal source are properly cited.
Any derivatives of the original must be distributed under the same license as the original.