Pengaruh Brand Luxury Dan Brand Image Pada Fashion Terhadap Minat Beli Remaja Di Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v22i1.178Keywords:
Brand Luxury, Brand Image, Minat Beli, Fashion, Remaja, Jakarta SelatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand luxury dan brand image pada fashion terhadap minat beli remaja di Jakarta Selatan. Brand luxury dan brand image merupakan aspek penting dalam pemasaran produk fashion, khususnya bagi konsumen remaja yang cenderung sensitif terhadap citra dan status sosial. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalah remaja yang tinggal di daerah Jakarta Selatan dan aktif dalam pembelian produk fashion. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda untuk mengukur sejauh mana brand luxury dan brand image mempengaruhi minat beli remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand luxury dan brand image pada fashion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli remaja di Jakarta Selatan. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi industri fashion dan pemasar produk mewah. Penelitian ini memberikan wawasan yang lebih dalam tentang bagaimana brand luxury dan brand image dapat digunakan sebagai strategi pemasaran untuk menarik minat beli remaja di pasar yang kompetitif dan beragam seperti Jakarta Selatan.
Downloads
References
Benardi, B., Chaidir, M., & Setyowati, A. (2021). Pengaruh Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Pergaulan terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa SMKS Al - Hamidiyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4881–4888. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1376
Erni Yunaida. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 798–807.
Khafid, W. (2023). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Dbl Ardiles Pada Klub Bola Basket Bintang Muda Gombong Skripsi.
Ko, E., Costello, J. P., & Taylor, C. R. (2017). What is a luxury brand ? A new de fi nition and review of the literature. Journal of Business Research, August, 0–1. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.08.023
Kumalasari, R. (2023, February 1). Definisi dan Values Luxury Brands yang Perlu Kamu Tahu! https://majoo.id/solusi/detail/luxury-brands
Maharini, B. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Perilaku Nasabah Kopdit Cu “Unam” Berastagi. Repository Universitas Quality, 9.
Meldarianda dan Lisan. (2010). Minat Beli. Journal of Communicatin and Information, 53(9), 1689–1699.
Naredra Bagaskara, N. N. (n.d.). 29765-63795-1-SP.
Rahmadani, C. A. (2019). Pengaruh Brand Image Service Quality dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Nasabah BANK BRI Yogyakarta. 34.
Ruslaini, Chaidir, M., & Permana, N. (2022). Implementasi Taksonomi Bloom pada Mata Kuliah Kewirausahaan, Kompetensi Dosen Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12, 2087–9385. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Sternbauer, M. (2022, April 12). Apa yang Membuat Merek Mewah? https://blog.thatagency.com/luxury-brand-identity
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.
Yulianti, G., Chaidir, M., & Permana, N. (2022). The Influence of Entrepreneurship Education and Industrial Work Practices on Interest in Entrepreneurship in State Vocational High School Students in the Central Jakarta Region. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
KABA Journal of Management and Entrepreneurship (KBJME) is licensed under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Articles in KABA Journal of Management & Entrepreneurship (KBJME) are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This licence permits the use, distribution, and reproduction in any medium for non commercial purposes only, provided the work and orginal source are properly cited.
Any derivatives of the original must be distributed under the same license as the original.