Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Agresivitas Pajak

Authors

  • Rizqi Radityo STIE Kasih Bangsa
  • Amrin Sitanggang STIE Kasih Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v13i2.60

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Corporate Soscial Responsibility, Agresivitas Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan corporate social responsibility (CSR) terhadap agresivitas pajak. Agresivitas pajak diukur dengan menggunakan pengukuran effective tax rate (ETR) yang mana dihitung dengan membagi beban pajak penghasilan dengan laba sebelum pajak. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan corporate social responsibility (CSR), sedangkan variabel dependennya adalah agresivitas pajak. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan metode purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 14 perusahaan. Metode analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak dengan masing – masing nilai thitung 3,077 dan 2,088 lebih besar daripada ttabel 2.021. Sedangkan ukuran perusahaan dan corporate social responsibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak dengan masing – masing nilai thitung 1,508 dan 1,253 lebih kecil daripada ttabel 2.021.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-07-2022

How to Cite

Radityo, R., & Sitanggang, A. (2022). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Agresivitas Pajak. Studia Ekonomika, 13(2), 65–78. https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v13i2.60