Analisa Pengaruh Insentif Terhadap Pencapaian Target Product Focus Pada Viva Health

Authors

  • Seger Santoso STIE Kasih Bangsa
  • Rahayu Febrianti STIE Kasih Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v20i2.143

Keywords:

Insentif, Penjualan, Pencapaian target

Abstract

Pemberian insentif biasanya digunakan untuk mendorong karyawan agar mau bekerja dengan baik dan agar lebih dapat mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi sehingga dapat menambah motivasi karyawan agar tercipta kinerja yang berkualitas sesuai dengan tujuan perusahaan. Jenis insentif yang diberikan oleh Viva Health kepada karyawan adalah insentif material yang berupa pembagian laba dari penjualan poduct focus selama periode yang telah ditentukan perusahaan. Besarnya insentif pada Viva Health tidak didasarkan pada lama kerja, kebutuhan dan evaluasi jabatan karena besarnya insentif untuk masing-masing karyawan berdasarkan hasil pencapaian target product focus. Dengan menggunakan kinerja karyawan sebagai tolak ukur dan prinsip keadilan maka hal ini yang membuat besarnya insentif untuk setiap karyawan berbeda- beda. Insentif tidak berpengaruh terhadap pencapaian target product focus Desember 2020 – Mei 2021 pada Viva Health. Hal ini dibuktikan dengan semakin besar jumlah insentif yang diberikan untuk setiap sell pack product focus tidak membuat karyawan dapat mencapai target secara optimal. Salah satu cara yang efektif untuk memaksimalkan penjualan product focus adalah dengan memasang POP di tempat yang mudah dilihat oleh customer. Selain besarnya insentif yang diberikan, terdapat faktor lain yang mempengaruhi pengcapaian target product focus yaitu : fokus dan semangat karyawan, stock product focus, dan jumlah target yang diberikan. Faktor-faktor tersebut  berpengaruh kepada motivasi karyawan untuk mencapai target product focus yang telah ditentukan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvonco Jhonson, 2014,”Practical Communication Skill” , Elex Media Komputindo, Jakarta Arifin Noor, 2019, “Manjemen Sumber Daya Manusia”, Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara.

Gelton, Gunadi, 2012,“Management Miracle Series:Accepted Leader, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Ibrahim Darwies, 2004,”Fish Where The Fish Are”, Elex Media Komputindo, Jakarta. Kadarisman, M, 2012. “Manajemen Kompensasnsi”, Rajawali Pers, Jakarta.

Mahesya Panji.2019.“Selling in (Ekonomi / Bisnis). Diakses dari https://glosarium.org/arti- selling-in-di-ekonomi/ pada tanggal 12-08-2021 pukul 23.23 WIB

Mahesya Panji, 2019, “Selling out (Ekonomi / Bisnis), https://glosarium.org/arti-selling-out- di-ekonomi/ diakses pada 12 Agustus 2021 pukul 23.24 WIB.

Muhdar, 2020,”Manajemen SDM: Teori dan Aplikasi Pada bank Umum Syariah”, Rajawali Pers, Jakarta.

Nurbaya Sitti, 2020, ”Manajemen Sumberdaya Manusia di Era revolusi Industri 4.0”, Nas Media Pustaka, Makassar.

Prasetyo, Henggar Budi, 2020, ”Arti Terget dalam Dunia Kerja”, https://www.kompasiana.com/henggar/5e4d4d6c097f363f395de192/arti-target-dalam- dunia-kerja diakses pada 27 Juni 2021 pukul 21.54 WIB.

Riniwati Harsuko, 2016, ”Manajemen Sumber Daya Manusia Aktivitas Utama dan Pengembangan”, UB Press, Malang.

Silitonga, Eddy Sanusi, 2020,”Peningkatan Kinerja SDM Melalui Motivasi, Kepemimpinan, Komitmen, dan Lingkungan Kerja”, Penebar Media Pustaka, Yogyakarta.

Sinambela, Lijan Poltak, 2016, ”Manajemen Sumber Daya Manusia “, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Wijaya Hamied, Caroko Eko Edhi, 2019, ”Memodel Transformasi SDM Berbasis Digital do Pelindo 1 Kunci Sukses Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Korporasi”, PT Penerbit IPB Press, Bogor.

Downloads

Published

29-07-2022

How to Cite

Santoso, S. ., & Febrianti, R. . (2022). Analisa Pengaruh Insentif Terhadap Pencapaian Target Product Focus Pada Viva Health. Studia Ekonomika, 20(2), 82–100. https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v20i2.143