Analisis Sistem Pengendalian Manajemen Pengadaan Barang Terhadap Penjualan Di PT XYZ Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70142/studiaekonomika.v20i2.142Keywords:
Sistem Pengendalian Manajemen, Pengadaan Barang, PenjualanAbstract
- XYZ Indonesia adalah salah satu bentuk badan usaha Perseroan Terbatas (PT) yang bergerak dibidang pengadaan dan jasa pemasangan serta pemeliharaan Eskalator, Elevator dan Travelator di Indonesia. Pengendalian manajemen merupakan proses dimana para manajer dalam sebuah perusahaan mampu mempengaruhi dan menstimulus anggota perusahaan/organisasi yang berada dibawahnya untuk mampu mengimplementasikan dan menjalankan strategi perusahaan yang telah disusun. Suatu organisasi terdiri dari sekelompok orang yang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama (dalam organisasi bisnis tujuan utamanya yaitu memperoleh tingkatan laba semaksimal mungkin). Pengadaan barang merupakan hal yang penting dalam suatu perusahaan dagang, karena sangat berpengaruh terhadap jalannya suatu perusahaan dan keuntungan perusahaan. PT XYZ Indonesia dalam melakukan pengadaan barang menggunakan dua jenis yaitu pengadaan barang yaitu, menggunakan pabrik local atau menggunakan penanganan spare part order (impor). Prosedur penanganan spare part order (impor) merupakan prosedur yang digunakan sebagai panduan penanganan imported spare part order lift/ escalator/ travellator/ dumbwaiters, untuk gedung-gedung yang sudah kontrak maintenance yang sudah dilakukan oleh department Sales Maintenance agar sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2015. Dalam melakukan pengadaan barang impor yang akan di jual atau didistribusikan ke customer sesuai dengan surat penawaran yang telah diberikan, PT XYZ memiliki prosedur pengadaan barang impor sendiri yang sudah disesuaikan dengan sistem kerja yang ada. Namun dalam pelaksanaanya, prosedur pengadaan barang tersebut masih mengalami kendala sehingga membuat kinerja tiap Departemennya menjadi kurang efektif dan efisien sehingga diperlukan perbaikan komunikasi antar divisi, pembentukan bagian baru yaitu Site Control Project dan pembentukan Admin Projek Lapangan.
Downloads
References
Ahmad Yani dan Widjaya Gunawan, 2000, Seri Hukum Bisnis : Perseroan Terbatas, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, hal. 7
Assauri, Sofjan Manajemen Pemasaran edisi pertama,(Jakarta: Rajawali Pers, 2011)
Dr. Iin Rosini, Sistem Pengendalian Manajemen Berorientasi Keberlanjutan, ( Penerbit Adab, 2020), hal 2
M.Yahya Harahap, 2011, Hukum Perseroan Terbatas, Sinar Grafika, Jakarta, hal. 21
N. Anthony, Robert dan Govindarajan, Vijay, Management Control System, (Salemba Empat)
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta , 2008, hal. 8.
Sunaryo, Karsam, Sistem Pengendalian Manajemen dan Perilaku Disfungsional, (CergasPublika,2018), hal 1
Fandy Tjiptono dkk,Pemasaran startegi, (Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta, 2008), h. 604.
Basu Swastha, dan Irawan, Manajemen Penjualan, Liberty, Yogyakarta, 1998, hal. 47
Amir, MS. 2000. Seluk Beluk dan Teknik Perdagangan Luar Negeri. PT. Pustaka
Elvie Mulia, Power Sales, Rahasia Sukses memimpin tim Penjual (PT. Elex Media Komputindo, 2015)
Johnson Alvonco, Ph.D, Practical Communication Skill dalam bisnis,organisasi dan kehidupan (PT. Elex Media Komputindo, 2014)
Sugiyah , nurhidayati, 2019, Prosedur Pengadaan Barang Impor Produk Sepatu Di Pt Sinar Pratama Agung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 STIE Kasih Bangsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
KABA Journal of Management and Entrepreneurship (KBJME) is licensed under the International Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
Articles in KABA Journal of Management & Entrepreneurship (KBJME) are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This licence permits the use, distribution, and reproduction in any medium for non commercial purposes only, provided the work and orginal source are properly cited.
Any derivatives of the original must be distributed under the same license as the original.